Rabu, 09 Juli 2014

Sabar Itu Petuah, Sabar Itu Ibadah, dan Sabar Itu... Indah ^^



Bismillaah..
Assalaamu’alaykum Warahmatullaah Wabarakaatuh
               
Sebelumnya Saya ingin memperkenalkan diri, ini adalah tulisan pertama saya yang diposkan di blog baru Saya.. entah lah tulisan ini bernama artikel, cerita pendek, atau apapun itu.. yang pasti Saya berharap tulisan ini dapat memberi manfaat untuk yang membacanya, dan mudah-mudahan Saya dapat menanggung jawabkan tulisan Saya ini dimata Allahu Ta’ala kelak. Allaahumma Aamiin.

Langsung saja berdasarkan judul di atas, Saya akan membahas tentang sabar. Yaa, siapa yang tidak tahu sabar itu apa, pasti semua orang pernah merasakan sifat sabar ini. Meskipun seseorang itu sekalipun memiliki sifat tergesa-gesa tetapi sesekali pasti pernah merasakan sabar.
                Menurut bahasa, sabar itu berasal dari bahasa Arab Ash-Shabar yang artinya menahan diri. Sedangkan menurut istiah sabar adalah menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan yang dialami, baik itu hal yang tidak disenangi ataupun hal yang disenangi. Menurut Imam Al-Ghazali sabar adalah suatu kondisi dalam mengendalikan iri yang tumbuhnya karena dorongan syariat Islam.

Berdasarkan judul di atas, mari kita langsung membahas mengenai tersebut:
1)      Sabar Itu Petuah

Mengapa sabar dikatakan petuah? Karena dengan sabar kita dapat mengambil banyak sekali pelajaran atau berbagai macam hikmah dari sabar tersebut. Seperti contohnya Qadarullaah, Allah Ta’ala memberi ujian kepada kita dan kita bersabar mengenai ujian tersebut. Insyaa Allah, Allah akan segera membebaskan kita dari ujian tersebut. Dari ujian itu dan kita bersabar kita akan mendapatkan hikmah atau petuah dari sabar.
Semoga kita dapat selalu bersabar ketika ujian Allah berikan kepada kita, baik itu ujian berupa kenikmatan ataupun kemudharatan. Allahumma Aamiin.

2)      Sabar Itu Ibadah

Mengapa sabar dikatakan ibadah? Karena banyak dalam Al-Qur’an Allah menyebutkan tentang bersabar. Berikut adalah firman Allah mengenai sabar:

·         Al-Quran Surat. Al-Ma’arij: 5
“Bersabarlah kamu dengan sabar yang baik.”

·         Al-Quran Surat. Al-Baqarah: 45
“Dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.”
·         Al-Quran Surat. Az-Zumar: 10
“... sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”


Sebetulnya masih banyak firman Allah mengenai sabar, akan tetapi hanya cukup yang dapat Saya tulis di sini. Dan pada utamanya, dalam firman Allah Ta’ala di atas, bahwa sesungguhnya sabar itu adalah ibadah. Perintah dari Allah Azza wa Jalla.

3)      Sabar Itu Indah

                Mengapa sabar itu indah? Karena dengan bersabar, insyaa Allah pada akhirnya Allah akan memberikan hal-hal yang indah untuk kita. Misalnya, Allah menjanjikan bahwa hanya orang-orang yang bersabarlah yang akan dicukupkan pahala mereka tanpa batas(QS. 39:10). Selain itu, dengan bersabar kita akan mendapat balasan dalam hal duniawi pula, insyaa Allah kita akan diberikan kenikmatan oleh Allah jika kita bersabar secara sungguh-sungguh.


Pembaca yang dirahmati Allah, ingatlah dengan perkataan Ibnul Qayyim Rahimahullah: “Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong, maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al-Fawaa’id)

Betapa pentingnya sabar ini dalam kehidupan kita...



Sekian tulisan Saya pada kesempatan ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca.

Barakallaahu fiykum.
Wassalaamu’alaykum Warahmatullaah Wabarakaatuh.


                                                                                                Al-Faqiiru Ilallaah
                                                                                                                -SPF-






1 komentar: